Pengertian Rhamadan Bulan yang Penuh Kemulian

Bulan Ramadan bulan yang penuh kemuliaan dan mudah mendapatkan pahala. Dimana banyak ummat muslim yang bahagia akan kedatangan bulan penuh berkah ini. Telah memasuki hari ke 16 kita melakukan puasa wajib. Apakah kamu mengerti pengertian Ramadhan dan keutaman di bulan suci ini?

Dikutip dari penjelasan dari web Langit7id, Puasa dilakukan satu bulan penuh, dimana menahan lapar serta dahaga dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Ramadan adalah bulan dimana segala sesuatu dilipat gandakan, maka siapa saja wajib melakukan hal kebaikan dan ibadah mengharapkan pahala dari allah swt.

Sejarah bulan Ramadhan

Sebelum mengetahui lebih dalam pengertian Ramadhan, simak sejarah bulan Ramadhan supaya kamu dapat memahami arti Ramadhan.

Raamdhan jika dari Bahasa yaitu menghanguskan yaitu kata Bahasa arab ramida , ar-ramad.  Karena pada saat itu bangsa Babilonia, utara jazirah arab menghitung tahun berdasar matahari dan bulan. Dan bulan ke 9 jatuh di bulan Ramadhan, dan pada saat itu tepat sedang cuaca yang begitu panas.

Maka dibulan Ramadhan ini harus berbahagia, karena akan menghapus atau membakar segala dosa.

Selanjutnya terdapat banyak kisah di bulan suci yaitu :

Bulan Ramadhan masa terbaik karena, al quran pertama kali diturunkan kepada rasullulah. Ayat al quran pertama kali Q.S Al-alaq ayat 1-5 memiliki perintah untuk membaca. Wahyu yang diturunkan oleh malaikat jibril saat Nabi Muhammad berkhalwat di Gua Hira. Dan peristiwa turunnya wahyu pertama di sebut Nuzulul Quran tepat pada 17 Rhomadon.

Bukan hanya itu, di bulan Ramadhan jug memiliki peristiwa lailatul qadr yang terjadi di 10 hari terakhir bulan suci Ramadhan.

Pengertian Ramadhan penuh berkah

Ramadhan adalah bulan urutan ke 9 setelah sya’ban. Dimana bulan ini diberbagai belahan dunia disambut baik dan gembira. Bulan yang dilakukan wajib puasa, dan melakukan amal kebaikan selama satu bulan akan di lipat gandakan juga mengampuni dosa yang telah lalu.

Puasa merupakan rukun islam setelah sholat. Dengan melakukan rukun islam berati telah menyempurnakan agamanya. Puasa Ramadhan, hukumnya wajib pada 18 bulan hijriah keputusan untuk menjalankan ibdah puasa. Dimana ibadah mulai dilakukan ketika waktu subuh hingga magrib untuk menahan, lapar, haus serta hawa nafsu. Juga di latih untuk bersabar.

Untuk malam hari di bulan Ramadhan tentu melakukan, sholat tarawih, witir.

Puasa di bulan Ramadhan

Ramadhan identic dengan saum atau puasa wajib. di mana memiliki manfaat yaitu :

  1. Meninggikan derajat

Akan dibukanya pintu surga. Maka dianjurkan banyak berdoa dan melakukan amalan baik.

  1. Mengalahkan syahwat

Bagi yang belum menikah bisa sebagai tameng untuk menjaga hawa nafsu dan emosional.

  1. Penghapus dosa
  2. Memperbanyak sedekah
  3. Lebih taat kepada allah swt

Kesimpulan

Ramadhan adalah bulan urutan ke 9 setelah sya’ban. Dimana bulan ini diberbagai belahan dunia disambut baik dan gembira

pengertian Ramadhan diambil dari kata ramida yang artinya membakar.  Bulan Ramadhan adalah bulan dimana segala dosa diampuni layaknya seperti dibakar, menjadikan amal kebaikan di lipatgandakan karena dosa diampuni diharapkan suci kembali. Amalan yang dilakukkan, pada bulan kemuliaan yaitu puasa wajib, sholat tarawih, hingga melakukan ibadah secara sungguh-sungguh untuk mendapatkan malam lailatul qadr dan diakhiri di malam terakhir Ramadhan yaitu zakat ftrah.

Dengan melakukan hal kebaikan pada bulan Ramadhan penuh kemuliaan akan di angkat derajatnya. Barang siapa perbanyak berdoa maka akan dikabulkan doa-doanya.