Paduan Cara Mengecat Tembok Motif Marmer Yang Benar

Tidak sedikit untuk membuat rumah terlihat lebih elegan dan mewah para pemiliknya akan memasangkan marmer pada dinding. Namun dikarenakan harganya yang terbilang mahal banyak orang menyiasatinya dengan teknik Marleizing. Teknik itu nantinya akan menghasilkan efek motif marmer pada dinding yang beragam. Lantas bagaimana cara mengecat tembok motif marmer itu?.

Langkah-Langkah Mengecat Tembok Motif Marmer

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika ingin mengecat tembok motif marmer yaitu mempersiapkan semua peralatan yang hendak digunakan. Di mana peralatan yang dibutuhkan itu meliput cat akrikil, kuas, lap microfiber dan lain-lain. Dalam hal ini jika Anda tidak memiliki waktu untuk mengecatnya sendiri bisa meminta bantuan jasa pasang marmer. Langsung saja berikut langkah-langkah mengecat tembok motif marmer yang bisa dipraktekkan sendiri.

  1. Tahap Persiapan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu persiapan. Dalam tahap persiapan ini perlu membersihkan dinding terlebih dahulu dari segala debu, kotoran dan noda yang menempel. Pastikan permukaan tembok yang ingin dicat harus rata dan halus. Hal itu bertujuan agar nantinya hasil akhir bisa optimal. Jika diperlukan bisa menggunakan painter tape untuk membatasi bidang tembok yang hendak dicat. Setelah itu siapkan kurang lebih 3 hingga 5 warna cat. Untuk catnya sendiri pilihlah kombinasi warna yang sepadan agar bisa menciptakan efek gradasi di dinding. Adapun rekomendasi warna yang baik yaitu hijau army, hijau tua, kuning dan putih.

  1. Tahap Pengecatan

Jika semua dinding yang hendak dicat sudah benar-benar bersih maka tahap selanjutnya yaitu mengecatnya. Lakukan proses pengecatan secara miring sekitar 45° dengan kuas biasa. Setelah itu lakukan penguasaan berikutnya menggunakan cat warna yang berbeda. Itu bertujuan agar nantinya dinding penuh dengan gradasi warna yang indah. Dalam hal ini Anda tidak perlu khawatir jika warna cat saling timpa. Pasalnya kondisi itu akan semakin memperindah hasil akhir pada dinding.

  1. Tahap akhir

Pada tahap terakhir ini Anda perlu menyiapkan bulu ayam. Bulu ayam itu nantinya berfungsi untuk menggambar efek serat pada dinding. Sebelum digunakan bulu ayam itu perlu dibasahi menggunakan air. Setelah itu celupkan bulu ayam tersebut ke dalam cat Lalu lakukan penguasan secara lembut dan tipis dengan bentuk mengikuti serat pada batu marmer. Biarkan beberapa menit hingga cat itu mengering dengan sempurna.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Mengecat Tembok Motif Marmer

Mengecat tembok motif marmer tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Pasalnya jika dilakukan secara asal-asalan hasil akhirnya tidaklah optimal. Adapun beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika melakukan teknik pengecatan motif marmer pada tembok seperti berikut ini.

  • Sebaiknya lakukan proses pengecatan motif marmer pada dinding di malam hari. Hal itu bertujuan agar chat tidak mudah kering.
  • Pastikan proses pengecatan telah dilaksanakan secara cepat dan langsung jadi di hari itu juga. Oleh karena itu hal ini tidak boleh ditunda-tunda. Adapun batasan waktu yang ideal yaitu hingga cat mengering.
  • Meskipun kelihatannya mudah tetap saja diperlukan seni dan khayalan untuk membuat pola agar bisa terlihat seperti marmer betulan.

Itulah beberapa langkah  mengecat tembok motif marmer yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah. Perlu diingat dalam hal ini pastikan jika cat yang dipilih sudah sesuai dengan desain rumah. sebab jika cat itu tidak sesuai dengan desain rumah maka hasil akhirnya kuranglah menarik.