Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis Di Indonesia Itu?

Banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh ketika melanjutkan pendidikan di bangku kuliah. Salah satu manfaatnya yaitu bisa menambah wawasan menjadi lebih luas. Bukan hanya itu saja dengan menimba ilmu di bangku perkuliahan juga membuat peluang karir di masa depan menjadi lebih cemerlang. Namun sayangnya tidak semua orang bisa merasakan menimba ilmu di bangku perkuliahan. Hal itu dikarenakan kondisi finansial yang tidak memungkinkan untuk aya biaya kuliah. Tapi sekarang tidak perlu khawatir lagi sebab terdapat banyak sekali lembaga yang menyediakan beasiswa gratis bagi pelajar kurang mampu. Lalu bagaimana cara mendapatkan beasiswa gratis itu?.

10 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis Di Indonesia

Bagi Anda yang dalam waktu dekat ini akan segera lulus dari bangku SMA dan ingin melanjutkan ke jenjang lebih tinggi yakin perkuliahan, tetapi memiliki keterbatasan biaya bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini untuk mendapatkan beasiswa gratis.

  1. Pilihlah Perguruan Tinggi Kedinasan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan beasiswa kuliah gratis di Indonesia yaitu dengan memilih perguruan tinggi kedinasan. Selain nantinya bisa mendapatkan beasiswa gratis, umumnya perguruan tinggi kedinasan juga akan memberikan jaminan kontrak kerja untuk periode tertentu setelah lulus. Dengan begitu Anda tidak perlu bingung lagi untuk mencari pekerjaan setelah menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi kedinasan tersebut. Adapun beberapa daftar perguruan tinggi kedinasan yang ada di Indonesia seperti berikut ini.

  • Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).
  • Polteknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN).
  • Sekolah kedinasan penerbangan.
  • Sekolah kedinasan perkeretaapian.
  • Sekolah kedinasan transportasi darat.
  • Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN).
  • Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS).
  • Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG).

 

  1. Memperoleh KIP

Selain dengan memilih perguruan tinggi ikatan dinas, cara selanjutnya agar bisa mendapatkan beasiswa kuliah gratis yaitu dengan memperoleh KIP. KIP sendiri merupakan program buatan pemerintah bagi siswa lulusan SMA yang mempunyai potensi akademik cemerlang tetapi terhambat karena kesulitan finansial. Di mana persyaratan yang wajib Anda penuhi agar bisa mendapatkan kartu ini yaitu harus mempertahankan nilai tinggi selama proses kegiatan pembelajaran berlangsung. Nantinya penerima kartu pintar Indonesia kuliah ini akan dibebaskan dari berbagai macam biaya mulai dari uang mendaftar ujian seleksi masuk PTN/PTS hingga biaya perkuliahan selama beberapa semester.

  1. Memperoleh Program Beasiswa LPDP

Program pemerintah selanjutnya yang memiliki tujuan membantu para siswa SMA kurang mampu dalam melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan yaitu beasiswa LPDP. Perlu diketahui bahwa bantuan ini diawasi langsung oleh kementerian Keuangan. Diharapkan dengan adanya bantuan ini nantinya dapat mencetak sumber daya manusia yang profesional, mempunyai karakter pemimpin dan teknokrat. Selain menyediakan bantuan kuliah dalam negeri, program ini juga menawarkan beasiswa untuk para pelajar Indonesia melanjutkan pendidikan di luar negeri. Di mana beasiswa ini bisa digunakan untuk berbagai tingkatan mulai dari S1 hingga Doktor. Adapun beberapa  beasiswa yang tersedia dalam program ini seperti berikut.

  • Beasiswa reguler.
  • Beasiswa afirmasi.
  • Beasiswa santri.
  • Beasiswa individu berprestasi dari keluarga miskin.
  • Beasiswa PNS.
  • Beasiswa TNI.
  • Beasiswa POLRI.
  • Beasiswa prestasi olahraga, seni, kebudayaan dan keagamaan.
  1. Memperoleh Beasiswa Bidikmisi

Cara selanjutnya agar bisa bisa berkuliah gratis yaitu dengan mendapatkan beasiswa Bidikmisi. Beasiswa Bidikmisi sendiri merupakan sebuah program yang diberikan oleh pemerintah bagi calon mahasiswa dengan ekonomi pra sejahtera. Beasiswa Bidikmisi ini nantinya akan diberikan secara cuma-cuma selama  8 semester bagi penerimanya. Bukan hanya itu saja nantinya pemerintah juga akan membantu biaya hidup selama menjalani pendidikan. Untuk jumlah biaya yang diberikan itu besarannya akan ditentukan oleh pemerintah. Dengan begitu nantinya para penerima bisa menempuh pendidikan di perguruan tinggi tanpa harus merogoh kocek pribadi.

  1. Menyiapkan Surat Rekomendasi Beasiswa

Salah satu syarat yang sering ditetapkan oleh penyedia beasiswa yaitu mengharuskan pelamarnya untuk melampirkan surat rekomendasi. Adapun beberapa surat rekomendasi yang wajib dilampirkan ketika melamar beasiswa seperti berikut ini.

  • Rekomendasi Akademik

Untuk surat rekomendasi akademik ini biasanya akan diberikan langsung oleh guru maupun dosen. Karakteristik dari surat ini yaitu berisi tentang penilaian terkait kesanggupan akademik dan kreativitas dari calon mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa kuliah gratis.

  • Employment Recommendation

Untuk Employment Recommendation biasanya akan diberikan oleh atasan maupun supervisor yang bertugas menilai kinerja dari para calon penerima beasiswa kuliah gratis. Surat ini akan diberikan kepada calon mahasiswa yang telah memiliki pengalaman dalam bekerja.

  • Character Reference

Surat ini memiliki karakteristik yang isi di dalamnya menjelaskan tentang karakter dan kepribadian para pelamar beasiswa. Untuk pemberinya sendiri biasanya adalah orang-orang yang memiliki wewenang maupun pengaruh.

  1. Menjuarai Berbagai Macam Lomba

Untuk mendapatkan beasiswa kuliah gratis juga bisa dilakukan dengan cara mengikuti berbagai macam perlombaan yang diselenggarakan kampus. Dalam hal ini biasanya sebuah kampus akan menawarkan program beasiswa untuk para siswanya yang berhasil memenangkan perlombaan. Adapun beberapa daftar universitas di Indonesia yang sering mengadakan dan kerap menyaring calon siswa penerima beasiswa seperti berikut ini.

  • Universitas Gadjah Mada (UGM).
  • Institut Teknologi Bandung (ITB).
  • Universitas Indonesia (UI).
  • Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

 

  1. Mencari Tahu Informasi Mengenai Beasiswa Kuliah Gratis

Dalam hal ini untuk mencari tahu informasi mengenai lembaga mana saja yang menyediakan program beasiswa kuliah gratis bisa dilakukan dengan searching di internet. Bukan hanya itu saja Anda juga bisa menanyakan langsung kepada pihak sekolah. Pasalnya pihak sekolah biasanya memiliki hubungan dengan berbagai lembaga yang menawarkan program beasiswa kuliah secara gratis. Untuk memperdalam informasi lebih lanjut mengenai beasiswa gratis Anda juga dapat menanyakan kepada saudara atau teman yang pernah memperoleh program tersebut selama belajar di kampus. Tidak lupa juga untuk mendatangi front office kampus kemudian bertanya langsung mengenai informasi tentang beasiswa tersebut.

  1. Kuasai Skill Berbahasa Inggris Dengan Baik

Sama halnya dengan persyaratan kuliah gratis di luar negeri, di mana untuk mendapatkan beasiswa gratis di dalam negeri Anda juga harus menguasai bahasa Inggris dengan baik. Skill berbahasa Inggris ini sangatlah diperlukan agar nantinya lebih mudah dalam menyerap materi perkuliahan. Dalam hal ini setidaknya harus mengantongi skor tertentu yang telah ditentukan oleh masing-masing universitas untuk tes IELTS dan TOEFL.

  1. Memenuhi Berbagai Macam Persyaratan

Salah satu persyaratan yang wajib Anda penuhi agar bisa mendapatkan program kuliah gratis yaitu tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun. Sedangkan untuk persyaratan lainnya yaitu harus berkelakuan baik, memiliki prestasi akademik bagus, lulus tepat waktu dan dokumen lengkap. Adapun beberapa dokumen yang perlu disiapkan ketika ingin melamar untuk mendapatkan beasiswa gratis seperti berikut ini.

  • Kartu keluarga.
  • Surat keterangan tidak mampu.
  • Kartu tanda penduduk.
  • Sertifikat perlombaan jika memiliki.

 

  1. Persiapkan Diri Untuk Melakukan Interview

Tahap selanjutnya yang perlu Anda lakukan agar bisa mendapatkan program kuliah gratis yaitu melakukan interview. Proses ini termasuk momen yang paling penting karena nantinya akan menjadi penentu hasil akhir apakah Anda berhak mendapatkan beasiswa atau tidak. Oleh karena itu sebaiknya persiapkan kegiatan ini jauh-jauh hari. Pada sesi Wawa interview itu Anda bisa menceritakan tentang kelebihan dan kekurangan pada diri. Selain itu bisa juga dengan mengungkapkan tentang pencapaian apa saja yang telah diraih selama pendidikan itu. Jelaskan juga posisi apa saja yang pernah diduduki ketika mengikuti sebuah organisasi maupun komunitas di luar kegiatan pembelajaran di kampus. Dalam hal ini semakin lengkap informasi yang Anda berikan maka kemungkinan besar untuk lolos mendapatkan beasiswa kuliah gratis sangatlah mudah.

Bagaimana Cara Mendaftar Beasiswa Bangkit Itu?

Selain cara di atas untuk bisa berkuliah gratis juga bisa dilakukan dengan mendaftarkan diri pada beasiswa bangkit. Beasiswa bangkit merupakan program beasiswa yang diberikan oleh kementerian Agama dan LPDP bagi siswa lulusan madrasah Aliyah, pesantren, SMA yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang S1. Adapun tata cara pendaftarannya  seperti berikut ini.

  • Kunjungi laman https://beasiswa.kemenag.go.id/.
  • Kemudian lengkapi profil peserta mulai dari data diri, data keluarga, data pendidik hingga data organisasi.
  • Pilihlah jenis beasiswa yang ingin diikuti pada halaman berikutnya.
  • Lalu lengkapi semua dokumen dan persyaratan.
  • Tunggulah proses seleksi.

Apa Saja Persyaratan Mendapatkan Beasiswa Bangkit Itu?

Adapun beberapa persyaratan yang wajib Anda penuhi ketika ingin mendaftarkan diri mengikuti program beasiswa Bangkit itu. Daripada penasaran langsung saja berikut beberapa persyaratannya.

  • Warga negara Indonesia.
  • Belum mempunyai ijazah S1 dari perguruan tinggi dalam negeri maupun luar.
  • Tidak sedang berstatus sebagai penerima beasiswa dari APBN, APBD maupun sumber lainnya.
  • Bersedia untuk menandatangani surat pernyataan pendaftaran di atas materai 10.000.
  • Membuat tulisan esai yang menjelaskan profil diri, rencana kontribusi terhadap masyarakat dan motivasi menggunakan bahasa Indonesia sebanyak 1000 hingga 1500 kata.
  • Mempunyai skor minimal TOEFL sekitar 450.
  • Mempunyai skor minimal IELTS sekitar 4,5.

Apa Saja Cakupan Beasiswa Indonesia Bangkit S1 Itu?

Setidaknya terdapat tiga cakupan yang ada pada program beasiswa bangkit ini seperti biaya tambahan, biaya pendukung dan biaya pendidikan. Untuk lebih jelasnya mengenai ketiga cakupan dari beasiswa Bangkit itu langsung saja baca ulasan di bawah ini hingga selesai.

  • Biaya Pendidikan

Cakupan pertama yang ada pada program beasiswa bangkit ini yaitu biaya pendidikan. Untuk biaya pendidikannya sendiri terdiri dari berbagai macam seperti pendaftaran, SPP, bantuan seminar internasional, bantuan penelitian skripsi, bantuan publikasi jurnal internasional, tunjangan buku.

  • Biaya Pendukung

Nantinya seseorang yang mendapatkan beasiswa Indonesia Bangkit ini juga akan mendapatkan biaya pendukung. Di mana biaya pendukung ini terdiri dari biaya transportasi pendamping, biaya asuransi kesehatan pendamping,  biaya pendukung lainnya yang telah disetujui kementerian Agama dan LPDP.

  • Biaya Tambahan

Keuntungan berikutnya yang bisa diperoleh bagi penerima beasiswa Indonesia Bangkit yaitu akan mendapatkan biaya tambahan. Untuk biaya tambahan ini terdiri dari berbagai macam seperti biaya transportasi pendamping, biaya kesehatan pendamping dan biaya pendukung lainnya yang telah disetujui oleh kementerian Agama dan LPDP.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis di Indonesia. Untuk informasi lebih jelasnya mengenai beasiswa kuliah gratis di Indonesia Anda bisa mengunjungi website daftarbeasiswa.com.