Saat ini, banyak sekali tempat wisata atau taman kota yang memiliki beragam permainan dan wahana yang disukai oleh anak-anak. Ternyata, mainan dan wahana ini tidak hanya memberikan kesenangan pada anak, namun juga memiliki berbagai manfaat. Lantas, apa saja manfaat dari berbagai jenis permainan di playground anak outdoor?

6 Jenis Permainan di Playground dan Manfaatnya

  1. Ayunan

Salah satu mainan favorit anak yang biasa ada di tempat bermain adalah ayunan. Bermain ayunan ternyata memiliki segudang manfaat untuk anak. Dengan bermain ayunan, koordinasi anak akan terlatih melalui gerakan yang dilakukan saat bermain ayunan. Misalnya, gerakan maju atau mundur saat ingin menggerakkan ayunan.

Selain untuk melatih koordinasi anak, bermain ayunan juga dapat melatih keseimbangan pada anak hingga membuat anak terdorong untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya. Tidak hanya itu, bermain ayunan juga dapat mengembangkan sistem sensorik anak. Sistem sensorik ini penting agar anak cepat beradaptasi dengan sesuatu yang berbeda dan baru.

  1. Perosotan

Tidak hanya menyenangkan, ternyata bermain perosotan juga memberikan banyak manfaat untuk anak. Dengan bermain perosotan, motorik pada anak akan berkembang. Misalnya, saat akan menaiki tangga perosotan. Selain itu, bermain perosotan juga membantu anak untuk melatih keseimbangan tubuhnya hingga melatih kelenturan pada tubuh anak.

Manfaat selanjutnya yang dapat dirasakan oleh anak saat bermain perosotan adalah melatih keberanian. Saat ingin meluncur dari puncak perosotan, tentu anak harus berani meluncur ke bagian paling bawah. Maka dari itu, keberanian anak akan terlatih dengan permainan perosotan ini.

  1. Jembatan Goyang

Salah satu wahana atau permainan yang banyak dijumpai di playground anak outdoor adalah jembatan goyang. Jembatan goyang merupakan jembatan dari tali yang akan bergoyang apabila ada seseorang yang melintas di atasnya. Permainan jembatan goyang ini selain menegangkan juga memberikan banyak manfaat untuk anak.

Saat melalui jembatan goyang ini, anak biasanya akan fokus berjalan dan berpegangan pada kedua sisi pegangan jembatan goyang agar tidak jatuh, sehingga konsentrasi anak meningkat. Selain itu, anak juga akan berusaha untuk menyeimbangkan tubuhnya agar jembatan tidak bergoyang-goyang sehingga keseimbangan anak dapat terlatih.

  1. Jungkat-jungkit

Jungkat-jungkit adalah permainan yang menggunakan papan panjang dan digerakkan oleh dua orang. Permainan jungkat-jungkit ini dapat melatih keseimbangan anak, karena permainan ini membutuhkan keseimbangan dari kedua anak yang memainkannya agar posisi jungkat-jungkit tidak jomplang.

Selain itu, permainan jungkat-jungkit ini juga membantu untuk menumbuhkan rasa percaya diri hingga melatih keberanian intrapersonal pada anak. Tidak hanya itu, kemampuan kinestetik serta motorik anak juga akan berkembang, dan anak juga akan pandai bersosialisasi karena permainan ini tidak bisa dilakukan sendirian.

  1. Terowongan Bulat

Permainan selanjutnya yang umumnya ada di taman bermain adalah terowongan bulat. Permainan terowongan bulat ini sangat cocok untuk dimainkan pada anak yang masih berusia di bawah 2 tahun. Terowongan bulat sangat pas untuk dimainkan pada anak-anak yang masih belajar merangkak dan berjalan.

Hal ini dapat terjadi karena dengan bermain terowonganĀ  bulat, tangan dan kaki anak akan digerakkan secara bersamaan. Karenanya, koordinasi antara kaki dan tangan anak dapat dilatih melalui permainan terowongan bulat ini, sehingga sangat baik untuk anak yang sedang dalam masa belajar berjalan.

Ada banyak sekali permainan playground anak outdoor yang memberikan manfaat untuk anak-anak tanpa disadari. Jika Anda ingin anak mendapatkan manfaat-manfaat tersebut, Anda juga bisa membelikan beberapa jenis permainan di penjual playground anak ini jika memiliki lahan atau area lebih di rumah.

Kategori: Umum