Investasi adalah salah satu cara alternatif untuk mencapai berbagai tujuan yang mulai banyak dilakukan oleh masyarakat di berbagai penjuru dunia, tidak terkecuali Indonesia. Lalu, sebenarnya apa sih  yang dimaksud dengan investasi dan apa saja macam macam investasi? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Apa yang Dimaksud dengan Investasi?

Investasi adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk menempatkan modal berupa uang atau harta berharga lainnya ke dalam suatu benda, lembaga, atau pihak tertentu dengan harapan si pelaku investasi (yang disebut juga dengan investor) akan mendapatkan keuntungan setelah melalui beberapa jangka waktu tertentu.

Investasi sendiri dibagi menjadi dua jenis yang berbeda, yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Investasi jangka pendek adalah investasi yang pas untuk investor yang mencari dana tambahan untuk kebutuhan mendesak. Investasi jenis ini biasanya dapat dimulai dengan modal yang relatif kecil.

Jenis kedua adalah investasi jangka panjang. Investasi jangka panjang adalah investasi yang dilakukan untuk mencapai tujuan guna mendapatkan pendapatan pasif. Pendapatan pasif yang dimaksud contohnya seperti bunga, dividen, atau bahkan bunga sewa. Modal untuk investasi ini biasanya lebih besar.

Macam-macam Investasi

  1. Deposito

Deposito adalah salah satu jenis investasi yang banyak diminati karena caranya yang mudah. Investasi dengan deposito berarti investor akan menabung dengan jumlah dan waktu tertentu. Keuntungan dari investasi deposito adalah tingkat pengembalian tetap dan bunga yang pasti. Namun, uang yang ditabung tidak dapat ditarik jika belum mencapai waktu yang disepakati.

  1. Saham

Saham juga menjadi salah satu investasi yang banyak diminati oleh para pelaku investasi. Investasi dengan saham berarti investor akan membeli saham di bursa efek dan investor akan memiliki persentase hak kepemilikan. Keuntungan investasi saham adalah tidak menentu, dimana saat perusahaan tersebut sedang berkembang maka investor akan mendapat keuntungan lebih besar.

  1. Obligasi

Macam macam investasi yang selanjutnya adalah obligasi. Obligasi ini hampir menyerupai dengan saham. Namun, perbedaan utama antara kedua investasi ini adalah keuntungan yang didapat dengan investasi obligasi ini lebih dinamis dan uang yang akan didapatkan jumlahnya lebih pasti.

  1. Reksa Dana

Terakhir, ada investasi reksa dana yang juga banyak diminati oleh para investor. Investasi reksa dana berarti dana yang dikumpulkan dari beberapa investor yang kemudian digabungkan menjadi satu. Kemudian, gabungan dana ini akan diinvestasikan ke berbagai pasar modal.

Reksa dana sendiri terbagi atas 5 jenis yang berbeda. Jenis-jenis reksa dana diantaranya adalah reksa dana pasar uang, reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana indeks. Setiap jenis ini memiliki resiko yang berbeda-beda sehingga pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan.

  1. Emas

Emas adalah salah satu pilihan investasi bagi para investor yang mencari nilai yang cenderung stabil dan mengalami peningkatan setiap tahunnya. Investasi emas lebih baik dilakukan dengan emas batangan karena emas batangan beratnya murni dibandingkan dengan emas perhiasan. Penyimpanan emas dapat disimpan sendiri atau sewa deposit box di bank.

  1. Properti

Investasi properti sebenarnya hampir menyerupai dengan investasi emas, hanya saja barang yang digunakan berbeda. Investasi properti biasanya dilakukan dengan pembelian tanah atau menyewakan properti untuk mendapatkan pemasukan. Investasi properti sendiri termasuk investasi jangka panjang.

Nah, itu dia macam macam investasi yang perlu diketahui saat ingin mulai berinvestasi. Investasi memang sangat menguntungkan karena investor dapat mengambil keuntungan dari modal yang ditanamkan. Agar mengerti seluk beluk investasi dan menghindari resiko kerugian, jangan lupa untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan investasi dengan mengunjungi analisatrade.com

 

 

Kategori: Bisnis